• Skip to main content
  • Skip to secondary menu
  • Skip to primary sidebar
  • Skip to footer
  • BERANDA
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Sitemap
Trigger

Trigger

Berita Terkini

  • UPDATE
  • JAWA TIMUR
  • NUSANTARA
  • EKONOMI PARIWISATA
  • OLAH RAGA
  • SENI BUDAYA
  • KESEHATAN
  • WAWASAN
  • TV

Pemanis Buatan Xylitol Picu Peningkatan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

21 Juli 2024 by zam Tinggalkan Komentar

Surabaya (Trigger.id) – Pemanis yang ditemukan dalam beberapa produk makanan dan minuman rendah kalori telah dikaitkan dengan risiko serangan jantung dan stroke yang lebih tinggi, demikian temuan penelitian terbaru.

Penelitian yang dipublikasikan bulan lalu di European Heart Journal, menunjukkan bahwa orang mungkin ingin menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang mengandung xylitol, gula alkohol yang biasa ditambahkan ke pemanis rendah kalori atau makanan “diet”.

“Temuan ini menjawab masalah kesehatan masyarakat yang signifikan,” kata penulis senior studi Stanley Hazen, MD, PhD, ketua ilmu kardiovaskular dan metabolisme dan kepala bagian kardiologi pencegahan di Klinik Cleveland.

“Orang-orang yang paling mungkin menjadi sasaran penggunaan pengganti gula (mereka yang mengalami obesitas, diabetes, atau sindrom metabolik) adalah yang paling rentan, atau paling mungkin menderita kejadian CVD [penyakit kardiovaskular],” kata para peneliti tersebut kepada laman kesehatanHealth.com. “Dengan mencoba mengonsumsi sesuatu yang sehat, kekhawatirannya adalah secara tidak sengaja menambah risiko penyakit jantung.”

Inilah pendapat para ahli tentang mengapa xylitol dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular dan apakah Anda harus mempertimbangkan untuk menghentikan penggunaan pemanis dari makanan Anda?.

Apa itu Xylitol

Di AS, xylitol secara teratur digunakan sebagai pemanis, kata Amber Core, MDN, RD, ahli diet terdaftar di The Ohio State University Wexner Medical Center, kepada Health.

“Xylitol adalah gula alkohol lima karbon, [dan] biasanya ditemukan dalam pemanis rendah kalori [yang ditambahkan ke] makanan rendah gula atau makanan berlabel diet,” katanya. “Beberapa produk yang umumnya mengandung xylitol antara lain permen bebas gula, permen karet, selai dan jeli, selai kacang, yogurt, makanan yang dipanggang, bumbu, sirup obat batuk, dan pasta gigi.”

Secara umum, pemanis ini disebut-sebut sebagai alternatif gula yang sadar kesehatan dan sering digunakan sebagai pengganti gula biasa dalam resep kue, tambah Core.

“Xylitol telah terbukti memiliki kalori yang jauh lebih sedikit dibandingkan gula, dan pada manusia, tidak memicu pelepasan insulin,” kata Hazen. Oleh karena itu, ini dianggap sebagai pilihan yang baik bagi penderita diabetes.

Hubungan Antara Xylitol dan Kesehatan Jantung

Meskipun penelitian sebelumnya menemukan manfaat kesehatan terkait dengan xylitol, Hazen dan timnya ingin menyelidiki bagaimana pemanis tersebut dapat mempengaruhi kesehatan pada khususnya. Sebuah penelitian yang mereka terbitkan tahun lalu menemukan bahwa erythritol, gula alkohol lainnya, dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

Untuk penelitian baru tentang xylitol ini, tim Hazen mengandalkan data lebih dari 3.000 orang di AS dan Eropa dari dua kelompok berbeda. Rata-rata, pesertanya berusia awal hingga pertengahan 60an, dan hampir 64% adalah laki-laki. Para peneliti memeriksa darah peserta dan mengikuti mereka selama tiga tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar xylitol yang lebih tinggi dalam darahnya memiliki peningkatan risiko tiga tahun mengalami “kejadian kardiovaskular yang merugikan,” seperti serangan jantung atau stroke.

Alasan mengapa xylitol meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung mungkin karena hubungannya dengan pembekuan darah, kata Hazen.

Penulis penelitian menguji berbagai sampel darah dan menemukan bahwa xylitol menyebabkan peningkatan pembekuan trombosit. Mereka melihat hasil serupa pada tes lain—orang yang meminum minuman yang dimaniskan dengan xylitol memiliki kemampuan pembekuan yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang meminum minuman yang dimaniskan dengan glukosa.

Gumpalan darah dapat membantu menghentikan aliran darah setelah cedera—tetapi jika terbentuk di dalam pembuluh darah dan tidak larut, maka dapat menghalangi aliran darah normal, yang dapat mengancam jiwa.

Tidak sepenuhnya jelas mengapa xylitol dapat menyebabkan penggumpalan trombosit. Namun, Hazen percaya hal ini mungkin ada hubungannya dengan cara gula alkohol “berinteraksi dengan reseptor kimia di permukaan sel—seperti selera di lidah kita,” jelasnya. Mungkin ada reseptor kimia pada trombosit yang dipicu oleh pemanis, sehingga menyebabkan “respon kuat” yang tidak perlu, kata Hazen. (zam)

Sumber: Health.com

Share This :

Ditempatkan di bawah: Kesehatan, nusantara, Tips, update Ditag dengan:Pemanis Buatan, Serangan Jantung, stroke, Xylitol

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar Utama

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Lainnya

Kendala Teknis Tunda Kepulangan Kloter KJT-04, Seluruh Jemaah Akhirnya Terbang Aman ke Tanah Air

6 Juni 2026 By admin

Dari Kampus ke Panggung Nasional, Miss Indonesia Berburu Talenta Muda Unesa

6 Juni 2026 By admin

Chivu Pasang Target Realistis untuk Inter Milan di Liga Champions

6 Juni 2026 By admin

Khofifah Pastikan SPMB Jatim 2026 Berjalan Lancar

5 Juni 2026 By admin

Perekaman KTP Elektronik Surabaya Tembus 99,68 Persen, Pemkot Genjot Aktivasi IKD

5 Juni 2026 By admin

Kemenhaj Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Jaga Paspor Jelang Kepulangan

5 Juni 2026 By admin

Dari Pesantren hingga Pelabuhan: Jalan Jawa Timur Menuju Pusat Industri Halal Dunia

5 Juni 2026 By admin

Indonesia Bidik Kemenangan Perdana atas Oman Setelah 38 Tahun

5 Juni 2026 By admin

Pemerintah Tegaskan Tak Ada Rencana Ganti Menkeu Purbaya

5 Juni 2026 By admin

HIMKI Dorong Transformasi Industri Furnitur Lewat Indowood Expo 2026

4 Juni 2026 By admin

Indo Wood Expo 2026 di Surabaya, Jatim Perkuat Posisi sebagai Hub Ekspor Dunia

4 Juni 2026 By admin

Wajah Jukir Kini Terpampang di Rambu Digital, Upaya Surabaya Perkuat Transparansi Parkir

4 Juni 2026 By admin

Lulus Kedokteran di Usia 20 Tahun, Perjalanan Fulviana Taklukkan Tekanan dan Jaga Mimpi

4 Juni 2026 By admin

Di Tengah Rumor Hengkang, Grab Tegaskan Indonesia Tetap Menjadi Rumah

4 Juni 2026 By admin

Ketika Hormuz Terganggu, Turkiye Melihat Peluang Menjadi Simpul Energi Baru

4 Juni 2026 By admin

Indo Wood Expo 2026: Industri Furnitur Indonesia Tak Bisa Lagi Bersaing Hanya Lewat Harga

3 Juni 2026 By admin

Glenn Candranegara Pimpin HIMKI Jatim 2026–2029, Siap Perkuat Ekosistem Industri Mebel dan Kerajinan

3 Juni 2026 By admin

Ketika Kampus Didorong Jadi Mitra Strategis Makan Bergizi Gratis

3 Juni 2026 By admin

Arsitek Awal MBG Dicopot: Berakhirnya Era Dadan Hindayana di Badan Gizi Nasional

3 Juni 2026 By admin

Surabaya Pastikan Daging Pasca Idul Kurban Aman

3 Juni 2026 By admin

Pesantren Aman, Santri Nyaman: Ikhtiar NU Bangun Ruang Belajar Bebas Kekerasan

2 Juni 2026 By admin

Luis Enrique Masuk Klub Elite Pelatih Liga Champions, Sejajar dengan Ancelotti dan Guardiola

2 Juni 2026 By admin

Bidik Gelar Perdana, PSSI Pasang Target Tinggi di Piala ASEAN 2026

2 Juni 2026 By admin

Fase Pemulangan Dimulai, Ribuan Jemaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air

2 Juni 2026 By admin

Kasada di Puncak Bromo: Ketika Syukur Dipersembahkan dari Lereng Gunung Suci

1 Juni 2026 By admin

TERPOPULER

Kategori

Video Pilihan

WISATA

KALENDER

Juni 2026
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
« Mei    

Jadwal Sholat

RAMADHAN

Teknologi dan Layanan Khusus Sambut Jamaah di 10 Malam Terakhir Ramadan

11 Maret 2026 Oleh admin

Bubur India Masjid Pekojan Semarang, Tradisi Berbuka Lebih dari Satu Abad

10 Maret 2026 Oleh admin

Menambang Kehidupan, Bukan Sekadar Emas: Jejak Hijau Martabe di Jantung Sumatra

21 Oktober 2025 Oleh admin

Merayakan Keberagaman: Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara

31 Maret 2025 Oleh admin

Khutbah Idul Fitri 1446 H: Ciri-ciri Muttaqin Quran Surat Ali Imran

31 Maret 2025 Oleh admin

Footer

trigger.id

Connect with us

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

terkini

  • Mensesneg Pastikan Tindak Lanjut Putusan Etik Ombudsman terhadap Hery Susanto
  • Air Mata Menetes di Tanah Suci: Kisah Lansia Temukan Keluarga Baru dalam Pelayanan Haji
  • Misi Ghana Mengulang Keajaiban Piala Dunia 2010
  • Mengenal Diri, Menemukan Tuhan: Jalan Sunyi Menuju Makrifat
  • Trump Tegaskan Netanyahu Ikuti Hasil Negosiasi AS dengan Iran

TRIGGER.ID

Redaksi

Pedoman Media Siber

Privacy Policy

 

Copyright © 2026 ·Triger.id. All Right Reserved.