• Skip to main content
  • Skip to secondary menu
  • Skip to primary sidebar
  • Skip to footer
  • BERANDA
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Sitemap
Trigger

Trigger

Berita Terkini

  • UPDATE
  • JAWA TIMUR
  • NUSANTARA
  • EKONOMI PARIWISATA
  • OLAH RAGA
  • SENI BUDAYA
  • KESEHATAN
  • WAWASAN
  • TV

Penelitian Terbaru: Makan Lebih Banyak Telur Bantu Jaga Pikiran Tetap Tajam

16 September 2024 by wah Tinggalkan Komentar

Ilustrasi membuat telur mata sapi. Foto: Health.

Surabaya (Trigger.id) – Sekitar dua dari setiap tiga orang dewasa di Amerika akan mengalami gangguan kognitif pada tingkat tertentu pada usia 70 tahun.1 Namun, sebuah penelitian baru-baru ini menyarankan solusi sederhana untuk mencegah penurunan kognitif: dengan mengonsumsi telur.

Penelitian yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Nutrients, menemukan hubungan antara konsumsi telur dan memori semantik serta fungsi eksekutif yang lebih baik pada wanita.

“Literatur sebelumnya mengenai hubungan kadar kolesterol makanan dengan fungsi kognitif tidak konsisten dengan beberapa penelitian yang menunjukkan efek negatif, penelitian lain menunjukkan efek positif, dan penelitian lainnya tidak menunjukkan efek apa pun,” Donna Kritz-Silverstein, PhD, peneliti utama studi tersebut dan peneliti utama studi tersebut. profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Departemen Kedokteran Keluarga di Universitas California San Diego, mengatakan kepada Health.

Untuk menguji pengaruh telur terhadap fungsi kognitif, para peneliti mengambil data dari 890 orang dewasa (357 laki-laki dan 533 perempuan) yang berpartisipasi dalam Studi Rancho Bernardo, sebuah studi kohort observasional berbasis komunitas jangka panjang. Semua peserta berusia di atas 55 tahun, dan usia rata-rata adalah antara 70 dan 72 tahun.

Asupan telur peserta dinilai antara tahun 1988 dan 1991 melalui kuesioner frekuensi makanan. Para peneliti juga memberikan tes kinerja peserta antara tahun-tahun tersebut untuk memeriksa fungsi kognitif global, seperti bahasa, orientasi, perhatian, ingatan, fungsi eksekutif, fleksibilitas mental, dan pelacakan visuomotor. Keterampilan tersebut dinilai kembali antara tahun 1992 dan 1996, dengan rata-rata waktu antar kunjungan adalah sekitar empat tahun.

Para peneliti menemukan bahwa 14% pria dan 16,5% wanita dilaporkan tidak pernah makan telur. Sebaliknya, 7% pria dan hampir 4% wanita melaporkan mengonsumsi telur lebih dari lima kali seminggu.

Secara umum, laki-laki memiliki tingkat konsumsi telur yang lebih tinggi dibandingkan perempuan, dan lebih cenderung mengonsumsinya dua hingga empat kali atau lebih dari lima kali dalam seminggu. Wanita lebih cenderung tidak makan telur atau makan satu hingga tiga butir per bulan.

Setelah disesuaikan dengan pilihan gaya hidup, diagnosis medis, dan asupan protein, kalori, dan kolesterol, bukti menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak telur mengalami lebih sedikit penurunan skor kelancaran, yang menilai memori semantik dan fungsi eksekutif.

Dengan setiap saat meningkatkan konsumsi telur, kemungkinan seorang wanita mengalami penurunan kognitif menurun sebesar 0,1. Dengan kata lain, wanita yang makan telur lebih dari lima kali seminggu mengalami penurunan kefasihan kategori setengah poin lebih sedikit selama empat tahun dibandingkan mereka yang tidak pernah mengonsumsi telur.

Meskipun para ilmuwan tidak menemukan hubungan serupa pada pria, “baik bagi pria maupun wanita, konsumsi telur tidak dikaitkan dengan penurunan kinerja kognitif apa pun yang kami gunakan, menunjukkan bahwa asupan telur mungkin memiliki peran dalam pemeliharaan fungsi kognitif. Kata Kritz-Silverstein.

Meskipun para peneliti tidak dapat menjelaskan perbedaan yang terlihat antara pria dan wanita, Kritz-Silverstein mengatakan bahwa hal tersebut mungkin disebabkan oleh tingkat diabetes yang berbeda-beda, tingkat pendidikan, olahraga, merokok, dan konsumsi alkohol antara kedua jenis kelamin.(kai)

—-0000—-

Sumber: Health

Share This :

Ditempatkan di bawah: Kesehatan, Tips, update Ditag dengan:jam, Kognitif, Konsumsi Telur, Pikiran, Telur

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar Utama

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Lainnya

Iqra di Harvard: Saat Al-Quran Menggema dari Jantung Intelektual Dunia

9 Juni 2026 By admin

Kantin Sekolah Jadi Andalan Baru MBG, Solusi Efisien untuk Menjangkau Wilayah 3T

9 Juni 2026 By admin

Indonesia Antisipasi Kecepatan Mozambik pada FIFA Match Day di GBK

9 Juni 2026 By isa

Mensesneg Pastikan Tindak Lanjut Putusan Etik Ombudsman terhadap Hery Susanto

8 Juni 2026 By admin

Air Mata Menetes di Tanah Suci: Kisah Lansia Temukan Keluarga Baru dalam Pelayanan Haji

8 Juni 2026 By admin

Misi Ghana Mengulang Keajaiban Piala Dunia 2010

8 Juni 2026 By admin

Mengenal Diri, Menemukan Tuhan: Jalan Sunyi Menuju Makrifat

8 Juni 2026 By admin

Trump Tegaskan Netanyahu Ikuti Hasil Negosiasi AS dengan Iran

8 Juni 2026 By admin

Sekolah Rakyat Jatim 1: Membangun Generasi Unggul dari Satu Kawasan Pendidikan Terpadu

8 Juni 2026 By admin

Menkeu Purbaya: Rupiah Tembus Rp18.000, Tapi Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

7 Juni 2026 By admin

Piala Dunia 2026: Maroko Datang dengan Mimpi Lebih Besar

7 Juni 2026 By admin

Rapimnas HIMKI 2026: Membangun Ekosistem, Menguatkan Daya Saing dan Meningkatkan Ekspor

6 Juni 2026 By admin

Rezeki yang Tak Pernah Tertukar

6 Juni 2026 By admin

Menuju Laut Lebih Bersih, Surabaya Jadi Percontohan Pengendalian Sampah Plastik Nasional

6 Juni 2026 By admin

Dari Surabaya untuk Indonesia: Saat Para Rektor Satukan Langkah Majukan Pendidikan Tinggi

6 Juni 2026 By admin

Kendala Teknis Tunda Kepulangan Kloter KJT-04, Seluruh Jemaah Akhirnya Terbang Aman ke Tanah Air

6 Juni 2026 By admin

Dari Kampus ke Panggung Nasional, Miss Indonesia Berburu Talenta Muda Unesa

6 Juni 2026 By admin

Chivu Pasang Target Realistis untuk Inter Milan di Liga Champions

6 Juni 2026 By admin

Khofifah Pastikan SPMB Jatim 2026 Berjalan Lancar

5 Juni 2026 By admin

Perekaman KTP Elektronik Surabaya Tembus 99,68 Persen, Pemkot Genjot Aktivasi IKD

5 Juni 2026 By admin

Kemenhaj Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Jaga Paspor Jelang Kepulangan

5 Juni 2026 By admin

Dari Pesantren hingga Pelabuhan: Jalan Jawa Timur Menuju Pusat Industri Halal Dunia

5 Juni 2026 By admin

Indonesia Bidik Kemenangan Perdana atas Oman Setelah 38 Tahun

5 Juni 2026 By admin

Pemerintah Tegaskan Tak Ada Rencana Ganti Menkeu Purbaya

5 Juni 2026 By admin

HIMKI Dorong Transformasi Industri Furnitur Lewat Indowood Expo 2026

4 Juni 2026 By admin

TERPOPULER

Kategori

Video Pilihan

WISATA

KALENDER

Juni 2026
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
« Mei    

Jadwal Sholat

RAMADHAN

Teknologi dan Layanan Khusus Sambut Jamaah di 10 Malam Terakhir Ramadan

11 Maret 2026 Oleh admin

Bubur India Masjid Pekojan Semarang, Tradisi Berbuka Lebih dari Satu Abad

10 Maret 2026 Oleh admin

Menambang Kehidupan, Bukan Sekadar Emas: Jejak Hijau Martabe di Jantung Sumatra

21 Oktober 2025 Oleh admin

Merayakan Keberagaman: Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara

31 Maret 2025 Oleh admin

Khutbah Idul Fitri 1446 H: Ciri-ciri Muttaqin Quran Surat Ali Imran

31 Maret 2025 Oleh admin

Footer

trigger.id

Connect with us

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

terkini

  • Luka Lama di Puncak Organisasi Sepak Bola Dunia
  • Khofifah Ajak Pelaku Konstruksi Tingkatkan Daya Saing dan Serap Lebih Banyak Tenaga Kerja
  • Ketika Ilmu Pengetahuan Menjadi Kekuatan Bangsa
  • Menjaga Kesucian Haji dari Praktik Curang Oknum KBIHU
  • Ketika Iklim Berubah, Anak-Anak Menjadi Kelompok yang Paling Rentan

TRIGGER.ID

Redaksi

Pedoman Media Siber

Privacy Policy

 

Copyright © 2026 ·Triger.id. All Right Reserved.