• Skip to main content
  • Skip to secondary menu
  • Skip to primary sidebar
  • Skip to footer
  • BERANDA
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Sitemap
Trigger

Trigger

Berita Terkini

  • UPDATE
  • JAWA TIMUR
  • NUSANTARA
  • EKONOMI PARIWISATA
  • OLAH RAGA
  • SENI BUDAYA
  • KESEHATAN
  • WAWASAN
  • TV

Lari: Dari Olahraga Menuju Gaya Hidup dan Tren Fashion

10 Februari 2025 by admin Tinggalkan Komentar

Lari, Gaya Hidup dan Tren Fashion Dunia. Foto: CNN

Surabaya (Trigger.id) – Jika Anda baru saja mulai berlari, tantangan terbesar mungkin bukan sekadar memulai latihan, tetapi juga memilih perlengkapan yang tepat.

Pilihan pakaian lari yang begitu beragam telah melahirkan industri kecil berupa direktori daring, mood board di Instagram, dan diskusi di sub-Reddit untuk membantu para pelari memahami dunia perlengkapan olahraga ini.

Sepatu lari berteknologi tinggi dengan pelat karbon—yang dirancang untuk membantu pengembalian energi kepada pelari—kini hadir dalam berbagai kolaborasi dan warna yang menarik, bahkan sering kali ludes terjual secara daring. Butik seperti Distance di Paris dan Renegade di Oakland, California, menargetkan pelari yang sadar akan gaya. Bahkan Brooks, merek yang selama ini dikenal dengan sepatu performa tinggi, baru-baru ini mengumumkan akan meluncurkan sepatu gaya hidup pertamanya pada Maret mendatang bekerja sama dengan Jeff Staple, pionir kolaborasi streetwear dan sneaker.

Popularitas Lari yang Melonjak

Masuknya dunia fashion ke dalam olahraga lari terjadi seiring dengan meningkatnya popularitas olahraga ini. Tahun lalu, jumlah peserta maraton mencapai rekor tertinggi. Keanggotaan klub lari global naik 59% pada 2024, menurut aplikasi kebugaran Strava. Di kota-kota besar seperti New York, klub lari semakin berkembang sebagai alternatif untuk bertemu orang baru di luar aplikasi kencan atau media sosial. Fenomena ini telah menjadikan lari sebagai aktivitas sosial, di mana gaya pribadi menjadi faktor yang lebih penting.

“Lari bukan hanya tentang berpartisipasi dalam perlombaan, tetapi juga tentang bagaimana Anda menjalani kehidupan sehari-hari,” ujar Gabriele Casaccia, pendiri dan direktur kreatif Mental Athletic, majalah cetak dua tahunan yang membahas budaya lari kontemporer dengan tampilan lebih menyerupai Dazed dibandingkan Runner’s World.

Merek-merek seperti Satisfy, District Vision, dan Soar—yang lahir pada 2010-an—hingga merek olahraga klasik seperti Asics dan Saucony, kini bersaing untuk menarik pelanggan yang berada di persimpangan antara gaya hidup dan olahraga, tanpa kehilangan identitas unik mereka.

Munculnya Pelari dengan Gaya Baru

Cole Townsend, pendiri Running Supply—sebuah buletin Substack dan direktori daring yang mengkurasi produk lari bergaya—mengatakan bahwa tren lari yang semakin kasual dan pemasaran yang terinspirasi gaya hidup membuat merek-merek lari mulai menargetkan persona tertentu, bukan sekadar menjadi merek olahraga umum seperti Nike.

“Anda harus menemukan segmen baru, persona baru, yang menarik bagi orang-orang,” kata Townsend. Satisfy, yang akan berusia 10 tahun pada 2025, telah membangun identitas uniknya di kalangan pelari trail dengan produk-produk yang memiliki palet warna khas dan nuansa individualitas yang jarang ditemukan di industri ini.

Merek lain seperti Bandit Running juga menemukan ceruk pasar mereka dengan menciptakan produk untuk komunitas klub lari di New York. Mereka menawarkan pakaian serbaguna yang bisa digunakan saat berlari maupun saat bersosialisasi.

“Pelari ingin mengenakan sesuatu yang nyaman saat lari, tetapi juga bisa dipadukan dengan jeans longgar untuk gaya santai di akhir pekan,” ujar Ardith Singh, salah satu pendiri Bandit Running.

Membedakan pelanggan antara mereka yang mencari performa tinggi dengan mereka yang lebih mengutamakan gaya kini mulai dianggap sebagai pendekatan yang usang.

“Menampilkan foto pelari dengan gaya lama tidak akan menarik lagi,” kata Jordan Yob, direktur pemasaran Saucony. “Harus ada unsur komunitas, sesuatu yang artistik dan kreatif, untuk menarik minat mereka.”

Komunitas Lari yang Semakin Solid

Jika melihat unggahan Instagram resmi Saucony, pernyataan Yob terlihat jelas. Mereka menampilkan berbagai jenis pelari, dari atlet profesional hingga anggota klub lari lokal, serta kolaborasi dengan influencer dan pecinta sneaker seperti Jae Tips. Bahkan, dalam salah satu unggahan, pelari profesional Vanessa Fraser memperlihatkan bagaimana ia memadukan sepatu lari performa tinggi dari Saucony dengan siluet sepatu gaya hidup.

Lonjakan popularitas klub lari juga membuat keterlibatan komunitas menjadi fokus utama bagi merek seperti Saucony dan Bandit Running. Meskipun lari sering dianggap sebagai olahraga individu, pertumbuhannya yang semakin terkoneksi secara sosial mendorong merek untuk lebih aktif dalam mengikuti tren komunitas pelari.

Autentisitas di Atas Segalanya

Meskipun banyak merek yang kini memasukkan elemen gaya hidup ke dalam produk mereka, pelari tetap mencari perlengkapan yang mampu meningkatkan performa mereka—baik itu untuk memenuhi kualifikasi Boston Marathon atau sekadar menyelesaikan lari lima mil pertama mereka. Townsend menegaskan bahwa pelari bisa dengan mudah membedakan mana merek yang benar-benar berkomitmen dalam dunia lari dan mana yang sekadar memanfaatkan tren untuk keuntungan cepat.

“Kita melihat banyak merek di Instagram yang muncul tiba-tiba, tetapi mereka tidak benar-benar membuat pakaian lari teknis. Mereka hanya mencoba membuat sesuatu yang terlihat keren. Merek-merek seperti itu tidak akan bertahan lama,” katanya.

Seiring dengan semakin eratnya hubungan antara dunia lari dan fashion—dari peluncuran sneaker edisi khusus hingga aktivasi klub lari di Paris Fashion Week—para pelari sejati akan tetap mencari merek dan mitra yang benar-benar memahami dan menghormati budaya lari.

“Sekarang banyak merek yang ingin mencoba peruntungan di fenomena ini… tetapi kami tidak tertarik bekerja sama dengan mereka yang hanya ingin sekadar mengadakan acara lari,” ujar Casaccia dari Mental Athletic. “Bagi kami, lari adalah pengalaman dan cara hidup.”. (ian)

—000—

The Business of Fashion, mitra editorial CNN Style.

Share This :

Ditempatkan di bawah: Kesehatan, olah raga, update Ditag dengan:gaya hidup, Lari, olahraga, Tren Fashion

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar Utama

Lainnya

Haaland Borong Dua Gol, Manchester City Libas MU 3-0 di Etihad

15 September 2025 By admin

Barcelona Hantam Valencia 6-0, Tiga Pemain Cetak Brace

15 September 2025 By admin

Kebiasaan Membawa Ponsel ke Kamar Mandi Tingkatkan Risiko Wasir Hingga 46%

13 September 2025 By admin

Bayern Munich Resmikan Patung Franz Beckenbauer di Allianz Arena

13 September 2025 By admin

Persib Bandung Tundukkan Persebaya 1-0, Gol Tunggal Uilliam Barros Jadi Penentu

13 September 2025 By admin

Enam Lembaga HAM Bentuk Tim Pencari Fakta Unjuk Rasa dan Kerusuhan

13 September 2025 By admin

BMKG Ingatkan Puncak Musim Hujan November 2025 – Februari 2026, Masyarakat Diminta Waspada

13 September 2025 By admin

Eduardo Perez: Persebaya ke Bandung Bukan untuk Berspekulasi

12 September 2025 By admin

Jadwal Liga Italia: Tiga Big Match Pekan Ini, Juventus Hadapi Inter Milan

12 September 2025 By admin

Bendera One Piece Jadi Simbol Frustrasi Anak Muda di Indonesia, Nepal, dan Prancis

12 September 2025 By admin

Prabowo Setujui Pembentukan Komisi Investigasi Independen untuk Selidiki Prahara Agustus

12 September 2025 By admin

Radio Siaran di Era Digital: Bertahan atau Bertransformasi?

11 September 2025 By admin

KPK Isyaratkan Menteri Agama Diduga Terima Aliran Dana Kasus Kuota Haji 2023–2024

11 September 2025 By admin

Manuel Neuer Siap Kembali ke Timnas Jerman Jika Dibutuhkan

11 September 2025 By admin

BNPB dan Pemprov Bali Tetapkan Siaga/Tanggap Darurat Banjir selama Satu Minggu

11 September 2025 By admin

PSSI Siapkan Strategi Khusus Kembangkan Pemain U-23

10 September 2025 By admin

Misinformasi, Lawan Berat Mitigasi Wabah Campak

10 September 2025 By admin

Kenapa Rasulullāh SAW. Tak Mau Menshalatkan Pelaku Korupsi?

10 September 2025 By admin

Usai Dilantik, Gus Irfan Langsung Bertolak ke Jeddah Tuntaskan Proyek Kampung Haji

9 September 2025 By admin

Studi: Minuman Manis dan Alkohol Bisa Memicu Rambut Rontok

9 September 2025 By admin

Gattuso Puji Mentalitas Italia Usai Tekuk Israel

9 September 2025 By admin

Sineas Dunia Boikot Industri Perfilman Israel sebagai Protes atas Genosida di Palestina

9 September 2025 By admin

Aspek Medis Topeng Kebohongan Politikus

8 September 2025 By admin

Menag Janji Bantu Renovasi Majelis Taklim di Bogor yang Ambruk

8 September 2025 By admin

Majelis Taklim di Bogor Ambruk, Lebih dari 80 Orang Jadi Korban

8 September 2025 By admin

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

TERPOPULER

Kategori

Video Pilihan

WISATA

KALENDER

September 2025
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
« Agu    

Jadwal Sholat

RAMADHAN

Merayakan Keberagaman: Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara

31 Maret 2025 Oleh admin

Khutbah Idul Fitri 1446 H: Ciri-ciri Muttaqin Quran Surat Ali Imran

31 Maret 2025 Oleh admin

Ketika Habis Ramadhan, Hamba Rindu Lagi Ramadhan

30 Maret 2025 Oleh admin

Tujuh Tradisi Lebaran yang Selalu Dinantikan

29 Maret 2025 Oleh admin

Ramadhan, Sebelas Bulan Akan Tinggalkan Kita

28 Maret 2025 Oleh admin

Footer

trigger.id

Connect with us

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

terkini

  • Wali Kota Surabaya Berharap Erick Thohir Bawa Perubahan Besar Olahraga Nasional
  • Brace Marcus Thuram Angkat Inter Milan, Liga Champions Dibuka dengan Kejutan
  • Kontroversi Pembatalan Konser Munich Philharmonic karena Konduktor Israel
  • EU Usulkan Sanksi dan Hambatan Perdagangan terhadap Israel
  • Pakar Kebijakan Publik Respons Peringatan Muhadjir soal Kementerian Haji

TRIGGER.ID

Redaksi

Pedoman Media Siber

Privacy Policy

 

Copyright © 2025 ·Triger.id. All Right Reserved.