
Cipondoh, Tangerang (Trigger.id) — Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief, menekankan pentingnya kesiapan mental dan fisik seluruh calon petugas haji agar dapat menjalankan tugas pelayanan kepada jemaah dengan maksimal. Hal ini disampaikannya saat membuka kegiatan Orientasi Terintegrasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1446 H/2025 M di Cipondoh, Tangerang, pada Minggu (4/5/2025).
Hilman mengingatkan bahwa petugas haji adalah representasi bangsa sekaligus pelayan tamu-tamu Allah, sehingga dituntut untuk melayani jemaah dengan sikap yang sabar, lembut, dan tidak emosional. “Jangan membentak atau meninggikan suara. Layani jemaah dengan penuh kesabaran dan kelembutan,” pesannya.
Sebanyak 612 calon petugas dari berbagai instansi mengikuti orientasi tersebut. Direktur Bina Haji dan Umrah, Musta’in Ahmad, berharap para petugas mampu meningkatkan mutu pelayanan haji serta memberikan kontribusi dalam bentuk masukan perbaikan untuk pelaksanaan haji di masa mendatang.
Kepala Pusat Kesehatan Haji, Liliek Marhaendro Susilo, juga mengingatkan pentingnya kerja sama antarpetugas dari berbagai latar belakang, seperti TNI/Polri, kementerian, hingga tenaga kesehatan. Menurutnya, semua elemen harus saling berkoordinasi demi menjaga kesehatan dan kenyamanan jemaah.
Senada dengan itu, Sekretaris Utama Badan Pengelola Haji (BPH), Teguh Dwi Nugroho, menegaskan pentingnya sikap ramah dan penuh kegembiraan dalam melayani. Ia juga mengajak seluruh petugas untuk saling tolong-menolong dan menjaga kesehatan selama bertugas. “Kita adalah satu tim, PPIH Arab Saudi. Tunjukkan keramahtamahan kepada jemaah. Selamat bertugas,” tutupnya. (bin)
Tinggalkan Balasan