• Skip to main content
  • Skip to secondary menu
  • Skip to primary sidebar
  • Skip to footer
  • BERANDA
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Sitemap
Trigger

Trigger

Berita Terkini

  • UPDATE
  • JAWA TIMUR
  • NUSANTARA
  • EKONOMI PARIWISATA
  • OLAH RAGA
  • SENI BUDAYA
  • KESEHATAN
  • WAWASAN
  • TV

Studi: Pemanis Buatan Bantu Jaga Berat Badan Tanpa Meningkatkan Risiko Penyakit

14 April 2024 by admin Tinggalkan Komentar

Surabaya (Trigger.id) – Masyarakat yang peduli dengan berat badan mereka sering kali beralih ke produk dengan pemanis buatan untuk mendapatkan makanan manis tanpa atau rendah kalori, tetapi apakah strategi ini benar-benar membantu dalam pengelolaan berat badan?.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa hal ini mungkin menjanjikan. Penelitian yang dikenal dengan Sweet Project ini menemukan bahwa orang yang mengalami penurunan berat badan dengan cepat dan kemudian mengganti makanan dan minuman manis dengan yang mengandung pemanis dan penambah rasa manis (S&SE) terus mengalami penurunan berat badan selama setahun.

Mengutip laman health.com, para peneliti, yang akan mempresentasikan temuan mereka di Kongres Obesitas Eropa pada bulan Mei tersebut, juga menemukan hubungan antara konsumsi pemanis dan peningkatan suasana hati, peningkatan kepuasan diet, dan berkurangnya keinginan akan makanan manis.

Selain itu, mengonsumsi makanan pengganti gula tampaknya tidak meningkatkan risiko diabetes tipe 2 atau penyakit jantung.

Anne Raben, PhD, seorang profesor di departemen nutrisi Universitas Kopenhagen yang memimpin studi baru ini, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “menjaga berat badan setelah penurunan berat badan sulit dicapai, dan temuan kami mendukung penggunaan S&SE yang ditemukan di banyak makanan dan minuman. di seluruh dunia sebagai alternatif produk yang dimaniskan dengan gula untuk membantu mengelola pengendalian berat badan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan,” papar Anne.

Inilah hal lain yang perlu Anda ketahui tentang mengganti gula dengan pemanis buatan sebagai strategi penurunan berat badan dan apakah produk tersebut aman dikonsumsi.

Bagaimana Pemanis Dapat Mempengaruhi Penurunan Berat Badan

Untuk uji coba selama satu tahun, para peneliti merekrut hampir 350 orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas, serta hampir 40 anak-anak yang dianggap kelebihan berat badan.

Selama dua bulan pertama penelitian, tim menginstruksikan peserta dewasa untuk mengikuti diet rendah kalori yang bertujuan membantu mereka menurunkan setidaknya 5% berat badan mereka. Mereka menyuruh anak-anak peserta untuk menjaga berat badannya.

Kemudian, mereka membagi peserta menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengikuti pola makan bergizi dengan kurang dari 10% kalori berasal dari makanan dan minuman dengan tambahan gula, tidak termasuk produk dengan pemanis buatan. Kelompok lainnya mengikuti pola makan yang sama, namun mereka diperbolehkan mengonsumsi produk dengan pemanis buatan.

Selama penelitian, para peserta menyelesaikan kuesioner tentang pola makan, kebiasaan makan, aktivitas fisik, dan kualitas hidup. Para peneliti juga melacak berat badan, ukuran tubuh, dan penanda diabetes dan penyakit jantung mereka.

Setelah sepuluh bulan, para ilmuwan menemukan bahwa orang dewasa dalam kelompok yang mengonsumsi pemanis buatan mengalami penurunan berat badan, lebih puas dengan pola makan mereka, memiliki suasana hati yang lebih positif, dan memiliki keinginan mengidam yang lebih sedikit dibandingkan peserta dalam kelompok lainnya. Orang dewasa dalam kelompok yang tidak mengonsumsi pemanis buatan juga mengalami penurunan berat badan, namun tidak sebanyak rekan mereka yang mengonsumsi pemanis.

Penggunaan pemanis bauatan rendah kalori dalam pengelolaan berat badan telah dipertanyakan, sebagian karena hubungan antara penggunaannya dan penambahan berat badan dalam studi observasional. Namun penulis Jason Halford, PhD, kepala Fakultas Psikologi Universitas Leeds dan presiden Asosiasi Eropa untuk Studi Obesitas, mengatakan semakin jelas bahwa hal tersebut tidak terjadi dalam penelitian jangka panjang. (ian)

Share This :

Ditempatkan di bawah: Kesehatan, nusantara, Tips, update Ditag dengan:Bantu Jaga Berat Badan, Pemanis Buatan, Risiko Penyakit, Tanpa Meningkatkan Risiko Penyakit

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar Utama

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Lainnya

Iqra di Harvard: Saat Al-Quran Menggema dari Jantung Intelektual Dunia

9 Juni 2026 By admin

Kantin Sekolah Jadi Andalan Baru MBG, Solusi Efisien untuk Menjangkau Wilayah 3T

9 Juni 2026 By admin

Indonesia Antisipasi Kecepatan Mozambik pada FIFA Match Day di GBK

9 Juni 2026 By isa

Mensesneg Pastikan Tindak Lanjut Putusan Etik Ombudsman terhadap Hery Susanto

8 Juni 2026 By admin

Air Mata Menetes di Tanah Suci: Kisah Lansia Temukan Keluarga Baru dalam Pelayanan Haji

8 Juni 2026 By admin

Misi Ghana Mengulang Keajaiban Piala Dunia 2010

8 Juni 2026 By admin

Mengenal Diri, Menemukan Tuhan: Jalan Sunyi Menuju Makrifat

8 Juni 2026 By admin

Trump Tegaskan Netanyahu Ikuti Hasil Negosiasi AS dengan Iran

8 Juni 2026 By admin

Sekolah Rakyat Jatim 1: Membangun Generasi Unggul dari Satu Kawasan Pendidikan Terpadu

8 Juni 2026 By admin

Menkeu Purbaya: Rupiah Tembus Rp18.000, Tapi Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

7 Juni 2026 By admin

Piala Dunia 2026: Maroko Datang dengan Mimpi Lebih Besar

7 Juni 2026 By admin

Rapimnas HIMKI 2026: Membangun Ekosistem, Menguatkan Daya Saing dan Meningkatkan Ekspor

6 Juni 2026 By admin

Rezeki yang Tak Pernah Tertukar

6 Juni 2026 By admin

Menuju Laut Lebih Bersih, Surabaya Jadi Percontohan Pengendalian Sampah Plastik Nasional

6 Juni 2026 By admin

Dari Surabaya untuk Indonesia: Saat Para Rektor Satukan Langkah Majukan Pendidikan Tinggi

6 Juni 2026 By admin

Kendala Teknis Tunda Kepulangan Kloter KJT-04, Seluruh Jemaah Akhirnya Terbang Aman ke Tanah Air

6 Juni 2026 By admin

Dari Kampus ke Panggung Nasional, Miss Indonesia Berburu Talenta Muda Unesa

6 Juni 2026 By admin

Chivu Pasang Target Realistis untuk Inter Milan di Liga Champions

6 Juni 2026 By admin

Khofifah Pastikan SPMB Jatim 2026 Berjalan Lancar

5 Juni 2026 By admin

Perekaman KTP Elektronik Surabaya Tembus 99,68 Persen, Pemkot Genjot Aktivasi IKD

5 Juni 2026 By admin

Kemenhaj Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Jaga Paspor Jelang Kepulangan

5 Juni 2026 By admin

Dari Pesantren hingga Pelabuhan: Jalan Jawa Timur Menuju Pusat Industri Halal Dunia

5 Juni 2026 By admin

Indonesia Bidik Kemenangan Perdana atas Oman Setelah 38 Tahun

5 Juni 2026 By admin

Pemerintah Tegaskan Tak Ada Rencana Ganti Menkeu Purbaya

5 Juni 2026 By admin

HIMKI Dorong Transformasi Industri Furnitur Lewat Indowood Expo 2026

4 Juni 2026 By admin

TERPOPULER

Kategori

Video Pilihan

WISATA

KALENDER

Juni 2026
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
« Mei    

Jadwal Sholat

RAMADHAN

Teknologi dan Layanan Khusus Sambut Jamaah di 10 Malam Terakhir Ramadan

11 Maret 2026 Oleh admin

Bubur India Masjid Pekojan Semarang, Tradisi Berbuka Lebih dari Satu Abad

10 Maret 2026 Oleh admin

Menambang Kehidupan, Bukan Sekadar Emas: Jejak Hijau Martabe di Jantung Sumatra

21 Oktober 2025 Oleh admin

Merayakan Keberagaman: Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara

31 Maret 2025 Oleh admin

Khutbah Idul Fitri 1446 H: Ciri-ciri Muttaqin Quran Surat Ali Imran

31 Maret 2025 Oleh admin

Footer

trigger.id

Connect with us

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

terkini

  • Luka Lama di Puncak Organisasi Sepak Bola Dunia
  • Khofifah Ajak Pelaku Konstruksi Tingkatkan Daya Saing dan Serap Lebih Banyak Tenaga Kerja
  • Ketika Ilmu Pengetahuan Menjadi Kekuatan Bangsa
  • Menjaga Kesucian Haji dari Praktik Curang Oknum KBIHU
  • Ketika Iklim Berubah, Anak-Anak Menjadi Kelompok yang Paling Rentan

TRIGGER.ID

Redaksi

Pedoman Media Siber

Privacy Policy

 

Copyright © 2026 ·Triger.id. All Right Reserved.