Kedatangan bulan suci Ramadhan, pasti diidamkan oleh orang orang yang beriman. Kebarokahan, ampunan, sederetan harapan bagi ummat yang menjalankannya tentu dengan atribut, keikhlasan dalam menjalankan semata demi Ridha Allah.
Inkubasi sendiri memiliki format dalam mengelola proses sebuah produk untuk kompetitif di eksternal market/spacial. Demikian pula puasa sebagaimana diperintahkan Allah dalam surat 2 ayat 183, akan menjadikan orang orang mukmin masuk ruang “inkubasi” selama bulan ramadhan untuk menjadi pribadi yang kompetitif di eksternal space ramadhan dengan predikat “Taqwa”.
Nilai ketaqwaan tentu akan menjadi eksplisit ketika seseorang melakukan aktivitas diantaranya dalam kehidupan sehari hari baik dalam ruang sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya. Nilai Kepercayaan & Kejujuran adalah diantaranya.
Kepercayaan dan kejujuran, nilai yang sangat menonjol dalam seseorang menjalankan puasa, dalam kesendirian, dia akan tetap menjalankannya, walaupun tidak seorangpun melihatnya. Dia takut melakukan distortif puasa, hanya semata karena Allah. Ini adalah nilai yang luar biasa, yang dibangun setiap tahun dibulan suci ramadhan sebagai pusat inkubasi orang orang yang beriman, untuk terus meningkatkan kualitas ketaqwaanya, yang sebagian kecil diantaranya dengan indikator bahwa seseorang itu akan mendapatkan brand “dipercaya dan jujur”.
Lalu bagaimana kepercayaan dan kejujuran akan mampu dikonversi kedalam ruang kehidupan ? khususnya dalam misi ekonomi ?
Ramadhan sebagai pusat Inkubasi, diharapkan akan menghasilkan produk yang kompetitif (orang orang mukmin yang memiliki kualitas ketaqwaan dengan indikator diantaranya dipercaya dan jujur). Dipercaya dan jujur ini, dalam konteks hubungan ekonomi baik dalam produksi, konsumsi dan distribusi sangat dibutuhkan bahkan menjadi syarat fundamental dalam perilaku usaha syariah.
Transformasi nilai ini tidak sederhana, banyak godaan distortif yang jika tidak kuat dalam memegang nilai “kepercayaan dan kejujuran “perilaku ekonomi bisa off the track dari perilaku usaha syariah. Oleh karena itu kepercayaan dan kejujuran ini menjadi basis nilai dalam perilaku usaha syariah, nilai inilah yang diharapkan komunitas dunia tidak hanya pada negara negara Islam atau negara dengan populasi muslim dominan. Artinya Ramadhan merupakan inkubator yang menjadi gravitasi nilai untuk ditarnsformasikan kedalam berbagai segmen kehidupan secara universal.
Sebagai ilustrasi, pusat pusat syariah dunia banyak dari negara yang nota bene bukan merupakan negara Islam atau dengan populasi muslim dominan, seperti Korea Selatan pusat wisata halal, Inggris sebagai pusat keuangan syariah, Thailand mempunyai visi dapur halal dunia, Philipina berupaya mempercepat pertumbuhan keuangan Islam, Brasil yang merupakan eksportir produk halal nomor 1 di dunia.
Mengapa bisa demikian? Kepercayaan dan kejujuran sangat fundamental menjadi basis dalam setiap aktivitas usaha syariah baik aktivitas ekonomi maupun keuangan syariah. Ini yang diharapkan customer baik muslim maupun non muslim akan terjadi harmonisasi frekuensi nilai yang menghasilkan “kenyamanan hubungan” antara produsen dengan konsumen” dan pada akhirnya nilai kepercayaan dan kejujuran mampu me-laverage kuantitas dan kualitas perilaku bisnis syariah serta impact nya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sebagai benefit. Inilah Ramadhan sebagai Pusat Inkubasi pribadi mukmin yang akan menghasilkan pribadi mukmin taqwa dengan indikator kuat sebagai pribadi yang “dipercaya dan jujur” sehingga mampu mempengaruhi ekosistem universal untuk mampu menciptakan harmonisasi hubungan dalam berbagai segmen kehidupan.
Wardoyo mengatakan
Kejujuran merupakan pondasi bagi kita dalam melaksanakan segala hal. Dengan kejujuran hidup kita akan menjadi tenang dan ketenangan akan membawa dalam hidup yang damai. Baik itu di masyarakat umum atau dalam dunia kerja, Lebih lebih dibulan Romadon seperti saat ini, kejujuran akan mendatangkan pahala bagi kita yang akan kita petik diakhirat kelak. Insya Alloh…
Didik mengatakan
Semoga kita bisa menjalankan ibadah puasa dg baik dan mjd pribadi yg dipercaya dan jujur.