• Skip to main content
  • Skip to secondary menu
  • Skip to primary sidebar
  • Skip to footer
  • BERANDA
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Sitemap
Trigger

Trigger

Berita Terkini

  • UPDATE
  • JAWA TIMUR
  • NUSANTARA
  • EKONOMI PARIWISATA
  • OLAH RAGA
  • SENI BUDAYA
  • KESEHATAN
  • WAWASAN
  • TV

Hasil Studi: Makan 5 atau 6 Buah Prune Sehari Bantu Jaga Kesehatan Tulang

18 Mei 2024 by admin Tinggalkan Komentar

Surabaya (Trigger.id) – Sudah diketahui bahwa buah prune atau buah plum dapat membantu pencernaan, namun penelitian terbaru mengungkapkan bahwa buah plum kering tersebut menawarkan manfaat lain, yakni memperkuat tulang.

Sekilas, bentuk dari buah plum ini terlihat seperti apel, hanya saja ukurannya lebih kecil dengan adanya biji pada bagian tengahnya. Keberadaan buah plum ini sering ditemui di daerah barat karena memang dibudidayakan, terutama di negara wilayah Amerika dan Eropa.

Jika Anda ingin mengonsumsinya, bisa beli di beberapa market place atau online shop.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam  The Journal of Nutrition  menemukan bahwa makan segenggam plum setiap hari dapat mengurangi penanda inflamasi terkait pengeroposan tulang pada wanita pascamenopause.1

Para penulis mengatakan bahwa buah plum dapat memberikan alternatif alami untuk mencegah osteoporosis , suatu kondisi yang menyebabkan tulang lemah mudah patah.

Mengutip laman www.health.com, sekitar 11 juta orang di Amerika menderita osteoporosis, dan sekitar dua pertiganya adalah wanita pascamenopause.2 Wanita dalam kelompok ini sangat rentan terkena osteoporosis karena mereka memproduksi lebih sedikit estrogen yang melindungi massa tulang.

Penelitian sebelumnya telah menemukan hubungan antara buah plum dan peningkatan kesehatan tulang, namun para peneliti mengatakan penelitian baru ini adalah penelitian terbesar yang meneliti hubungan ini.

Inilah hal lain yang perlu Anda ketahui tentang penelitian ini, serta pengaruh lain buah plum terhadap kesehatan dan bagaimana Anda dapat memasukkan buah kering ke dalam makanan Anda.

Mengukur Bagaimana Prune Mempengaruhi Kesehatan Tulang

Untuk penelitian ini, para ilmuwan merekrut 183 wanita berusia 55 hingga 75 tahun. Mereka menginstruksikan beberapa wanita untuk mengonsumsi 50 gram—kira-kira lima atau enam buah plum—setiap hari dan yang lainnya mengonsumsi dua kali lipat jumlah tersebut setiap hari. Kelompok ketiga tidak mengonsumsi buah plum apa pun.

Tim mengumpulkan sampel darah pada awal penelitian dan titik akhir 12 bulan.

Untuk menilai bagaimana konsumsi buah plum mempengaruhi kesehatan tulang, para peneliti menganalisis tingkat sitokin pro-inflamasi para partisipan. Kehadiran protein menandakan peradangan dalam tubuh.

“Peradangan kronis mendasari banyak penyakit kronis, termasuk osteoporosis,” kata penulis studi Connie J. Rogers, PhD , kepala Departemen Ilmu Gizi di Universitas Georgia, kepada Health.

Bagaimana Konsumsi Prune Dapat Mempengaruhi Kesehatan?

Orang-orang telah lama beralih ke buah prune atau buah plum sebagai obat alami untuk sembelit. Misalnya, sebuah ulasan menemukan bahwa peningkatan konsumsi plum meningkatkan frekuensi dan konsistensi tinja pada penderita sembelit.

Di sisi lain, buah plum diketahui menyebabkan sakit perut atau diare bagi sebagian orang, meskipun masalah pencernaan tampaknya tidak menjadi masalah bagi peserta studi pengeroposan tulang.

Penelitian lain mengungkapkan bahwa makan lebih banyak buah plum dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Nutrition pada tahun 2023, misalnya, mengaitkan konsumsi plum jangka panjang di antara pria dengan HDL (kolesterol baik) dan kolesterol total yang lebih baik , serta stres oksidatif yang lebih rendah dan penurunan kadar biomarker inflamasi. Protein C-reaktif. (ian)

—000—

Sumber: Health.com

Share This :

Ditempatkan di bawah: Kesehatan, Tips, update Ditag dengan:Buah Plum, Buah Prune atau Plum, Hasil Studi, Kesehatan Tulang, Makan 5 atau 6 Buah Prune

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar Utama

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Lainnya

UWKS Perkuat Budaya Literasi melalui Seminar Nasional dan Peluncuran Buku Kredo Kewijayakusumaan

29 Juli 2026 By admin

Khofifah: Data BPS Jadi Fondasi Pembangunan Presisi dan Kebijakan Tepat Sasaran

29 Juli 2026 By isa

MUI Ingatkan AI Tak Boleh Mengikis Tradisi Sanad Keilmuan Islam

29 Juli 2026 By admin

Survei: Mayoritas Warga AS Berpandangan Negatif terhadap Netanyahu

29 Juli 2026 By wah

Survei SMRC: Kepuasan Publik terhadap Program MBG Turun Tajam

29 Juli 2026 By zam

Luka di Ujung Perjalanan: Messi Menutup Piala Dunia 2026 dengan Air Mata

21 Juli 2026 By zam

Kemendikdasmen Siapkan Rekrutmen Guru PNS Pusat untuk Sekolah Nasional Terintegrasi

21 Juli 2026 By wah

Spanyol Ukir Rekor Tak Terkalahkan Usai Juara Piala Dunia 2026

20 Juli 2026 By zam

IRGC: Dua Tanker Meledak di Hormuz

20 Juli 2026 By wah

Transaksi KDMP Jatim Tertinggi Secara Nasional, Tembus Rp21,64 Miliar

18 Juli 2026 By wah

Jatim Perkuat Posisi sebagai Penopang Ketahanan Pangan Nasional

18 Juli 2026 By zam

Prancis Lebih Termotivasi Hadapi Inggris demi Golden Boot Mbappe

18 Juli 2026 By admin

Inter Milan Bidik Djed Spence Gantikan Dumfries

17 Juli 2026 By zam

Sedekah: Investasi Abadi yang Tak Pernah Merugi

17 Juli 2026 By zam

Belajar ADEM di Jawa Timur, Mengabdi untuk Papua

12 Juli 2026 By admin

Festival Muharram LAZIS Nurul Falah Asah Hafalan dan Kreativitas Ratusan Santri

12 Juli 2026 By wah

Jatim Siap Perkuat Rantai Pasok Biodiesel B50, Khofifah Dukung Transformasi Energi Nasional

11 Juli 2026 By zam

De La Fuente Optimistis Spanyol Mampu Singkirkan Prancis di Semifinal Piala Dunia 2026

11 Juli 2026 By wah

Ariana Grande Mundur dari American Horror Story 13, Tur Dunia Jadi Prioritas

11 Juli 2026 By zam

Intelektual Mengisi Jarak antara Teori dan Praktik

5 Juli 2026 By admin

Empat Tanda Calon Penghuni Surga yang Mulai Tampak Sejak di Dunia

5 Juli 2026 By admin

Jejak Kolaborasi Jatim Tekan Stunting: Penghargaan Persagi untuk Kepemimpinan Khofifah

5 Juli 2026 By admin

Arif Satria: ICMI Harus Bangun Peradaban Berbasis Data dan Integritas

4 Juli 2026 By zam

KNVB Ajukan Pengaduan Resmi atas Ujaran Rasis terhadap Tiga Pemain Belanda

4 Juli 2026 By zam

Portugal Lolos Dramatis, Ronaldo Torehkan Sejarah di Piala Dunia

3 Juli 2026 By zam

TERPOPULER

Kategori

Video Pilihan

WISATA

KALENDER

Agustus 2026
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
« Jul    

Jadwal Sholat

RAMADHAN

Teknologi dan Layanan Khusus Sambut Jamaah di 10 Malam Terakhir Ramadan

11 Maret 2026 Oleh admin

Bubur India Masjid Pekojan Semarang, Tradisi Berbuka Lebih dari Satu Abad

10 Maret 2026 Oleh admin

Menambang Kehidupan, Bukan Sekadar Emas: Jejak Hijau Martabe di Jantung Sumatra

21 Oktober 2025 Oleh admin

Merayakan Keberagaman: Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara

31 Maret 2025 Oleh admin

Khutbah Idul Fitri 1446 H: Ciri-ciri Muttaqin Quran Surat Ali Imran

31 Maret 2025 Oleh admin

Footer

trigger.id

Connect with us

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

terkini

  • Pasca Gempa M7,7 Flores, Warga Diimbau Jauhi Pantai
  • Parkir QRIS Surabaya Cukup Rp 810, Berlaku 15–16 Agustus
  • Prabowo : Gaji Hakim Junior Sudah Naik 280 Persen, Tertinggi ASEAN
  • Pramuka Jatim Didorong Jadi Penggerak Swasembada Pangan
  • Maskapai Indonesia Mulai Gunakan AI Layani Penumpang

TRIGGER.ID

Redaksi

Pedoman Media Siber

Privacy Policy

 

Copyright © 2026 ·Triger.id. All Right Reserved.