• Skip to main content
  • Skip to secondary menu
  • Skip to primary sidebar
  • Skip to footer
  • BERANDA
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Sitemap
Trigger

Trigger

Berita Terkini

  • UPDATE
  • JAWA TIMUR
  • NUSANTARA
  • EKONOMI PARIWISATA
  • OLAH RAGA
  • SENI BUDAYA
  • KESEHATAN
  • WAWASAN
  • TV

Mengapa Pola Makan Bisa Mempengaruhi Risiko Kanker Paru?

26 Agustus 2025 by admin Tinggalkan Komentar

Ilsutrasi Contoh Atur Pola Makan. Foto: Total Health and Fitness

Surabaya (Trigger.id) – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi makanan ultra-proses (ultra-processed foods/UPFs) mungkin berhubungan dengan meningkatnya risiko kanker paru. Sebelumnya, UPFs juga telah dikaitkan dengan kanker pankreas, payudara, dan kolorektal.

Meski begitu, para ahli menekankan bahwa hubungan ini masih dalam tahap awal penelitian. “Keterkaitan antara UPFs dan kanker masih berkembang, dan dibutuhkan lebih banyak riset,” jelas Tim Rebbeck, PhD, profesor pencegahan kanker di Harvard T.H. Chan School of Public Health sekaligus peneliti di Dana-Farber Cancer Institute.

Bagaimana UPFs Bisa Meningkatkan Risiko?

Tubuh manusia secara alami dirancang untuk mencerna makanan utuh yang minim pengolahan. Namun, hal ini tidak berlaku pada makanan ultra-proses yang penuh aditif dan pengawet, jelas Zhaoping Li, MD, PhD, Kepala Divisi Nutrisi Klinis di UCLA David Geffen School of Medicine.

Menurut Li, makanan yang sangat diproses bisa memicu peradangan dan dampak buruk lain pada tubuh—sesuatu yang tidak terjadi ketika kita mengonsumsi makanan alami seperti buah segar. Rebbeck menambahkan, meski mekanisme pastinya belum jelas, ada kemungkinan peradangan sistemik berperan dalam meningkatkan risiko kanker paru.

Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan. Data konsumsi makanan hanya dikumpulkan sekali melalui survei, jumlah kasus kanker paru relatif kecil, dan faktor intensitas merokok tidak diperhitungkan. Karena itu, hasilnya belum bisa dianggap sebagai bukti mutlak.

Mengurangi UPFs untuk Menekan Risiko

Walau masih ada banyak pertanyaan, Rebbeck menilai penelitian ini memberi sinyal positif bahwa mengurangi konsumsi UPFs bisa membantu menurunkan risiko kanker.

Li menekankan bahwa rokok tetap menjadi faktor risiko terbesar kanker paru. “Jika ingin menurunkan risiko, berhenti merokok adalah langkah paling penting,” ujarnya. Namun, memperhatikan kualitas pola makan juga sama pentingnya.

Tidak perlu menghilangkan UPFs sepenuhnya, tetapi keseimbangan adalah kunci. Misalnya, jika sarapan dengan sereal, sebaiknya tidak menambah burger olahan atau daging asap di siang hari. Pilihan yang lebih sehat bisa berupa salad, sayuran matang, ikan, atau ayam.

Li mencontohkan kebiasaan pribadinya, memilih membuat omelet dengan kembang kol dan sisa ayam ketimbang menu praktis seperti sereal manis.

Pesan Utama: Makan Lebih Sehat, Kurangi Olahan

Rebbeck menegaskan, pesan gizi inti sebenarnya sudah jelas: diet yang kaya makanan alami, rendah proses, banyak buah, sayuran, dan biji-bijian terbukti menurunkan risiko kanker. Seiring berkembangnya penelitian soal UPFs, pesan kesehatan kemungkinan tidak berubah—yakni mengutamakan pola makan seimbang, minim olahan, berbasis tumbuhan, dan kaya nutrisi. (bin)

Sumber: Health.com
Share This :

Ditempatkan di bawah: Kesehatan, update Ditag dengan:Atur Pola Makan, Makanan Ultra-Proses, Mempengaruhi, Pola Makan, Risiko Kanker Paru, UPFs

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sidebar Utama

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

Lainnya

Iqra di Harvard: Saat Al-Quran Menggema dari Jantung Intelektual Dunia

9 Juni 2026 By admin

Kantin Sekolah Jadi Andalan Baru MBG, Solusi Efisien untuk Menjangkau Wilayah 3T

9 Juni 2026 By admin

Indonesia Antisipasi Kecepatan Mozambik pada FIFA Match Day di GBK

9 Juni 2026 By isa

Mensesneg Pastikan Tindak Lanjut Putusan Etik Ombudsman terhadap Hery Susanto

8 Juni 2026 By admin

Air Mata Menetes di Tanah Suci: Kisah Lansia Temukan Keluarga Baru dalam Pelayanan Haji

8 Juni 2026 By admin

Misi Ghana Mengulang Keajaiban Piala Dunia 2010

8 Juni 2026 By admin

Mengenal Diri, Menemukan Tuhan: Jalan Sunyi Menuju Makrifat

8 Juni 2026 By admin

Trump Tegaskan Netanyahu Ikuti Hasil Negosiasi AS dengan Iran

8 Juni 2026 By admin

Sekolah Rakyat Jatim 1: Membangun Generasi Unggul dari Satu Kawasan Pendidikan Terpadu

8 Juni 2026 By admin

Menkeu Purbaya: Rupiah Tembus Rp18.000, Tapi Fundamental Ekonomi Indonesia Tetap Kuat

7 Juni 2026 By admin

Piala Dunia 2026: Maroko Datang dengan Mimpi Lebih Besar

7 Juni 2026 By admin

Rapimnas HIMKI 2026: Membangun Ekosistem, Menguatkan Daya Saing dan Meningkatkan Ekspor

6 Juni 2026 By admin

Rezeki yang Tak Pernah Tertukar

6 Juni 2026 By admin

Menuju Laut Lebih Bersih, Surabaya Jadi Percontohan Pengendalian Sampah Plastik Nasional

6 Juni 2026 By admin

Dari Surabaya untuk Indonesia: Saat Para Rektor Satukan Langkah Majukan Pendidikan Tinggi

6 Juni 2026 By admin

Kendala Teknis Tunda Kepulangan Kloter KJT-04, Seluruh Jemaah Akhirnya Terbang Aman ke Tanah Air

6 Juni 2026 By admin

Dari Kampus ke Panggung Nasional, Miss Indonesia Berburu Talenta Muda Unesa

6 Juni 2026 By admin

Chivu Pasang Target Realistis untuk Inter Milan di Liga Champions

6 Juni 2026 By admin

Khofifah Pastikan SPMB Jatim 2026 Berjalan Lancar

5 Juni 2026 By admin

Perekaman KTP Elektronik Surabaya Tembus 99,68 Persen, Pemkot Genjot Aktivasi IKD

5 Juni 2026 By admin

Kemenhaj Ingatkan Jemaah Haji Indonesia Jaga Paspor Jelang Kepulangan

5 Juni 2026 By admin

Dari Pesantren hingga Pelabuhan: Jalan Jawa Timur Menuju Pusat Industri Halal Dunia

5 Juni 2026 By admin

Indonesia Bidik Kemenangan Perdana atas Oman Setelah 38 Tahun

5 Juni 2026 By admin

Pemerintah Tegaskan Tak Ada Rencana Ganti Menkeu Purbaya

5 Juni 2026 By admin

HIMKI Dorong Transformasi Industri Furnitur Lewat Indowood Expo 2026

4 Juni 2026 By admin

TERPOPULER

Kategori

Video Pilihan

WISATA

KALENDER

Juni 2026
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  
« Mei    

Jadwal Sholat

RAMADHAN

Teknologi dan Layanan Khusus Sambut Jamaah di 10 Malam Terakhir Ramadan

11 Maret 2026 Oleh admin

Bubur India Masjid Pekojan Semarang, Tradisi Berbuka Lebih dari Satu Abad

10 Maret 2026 Oleh admin

Menambang Kehidupan, Bukan Sekadar Emas: Jejak Hijau Martabe di Jantung Sumatra

21 Oktober 2025 Oleh admin

Merayakan Keberagaman: Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Negara

31 Maret 2025 Oleh admin

Khutbah Idul Fitri 1446 H: Ciri-ciri Muttaqin Quran Surat Ali Imran

31 Maret 2025 Oleh admin

Footer

trigger.id

Connect with us

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube

terkini

  • Luka Lama di Puncak Organisasi Sepak Bola Dunia
  • Khofifah Ajak Pelaku Konstruksi Tingkatkan Daya Saing dan Serap Lebih Banyak Tenaga Kerja
  • Ketika Ilmu Pengetahuan Menjadi Kekuatan Bangsa
  • Menjaga Kesucian Haji dari Praktik Curang Oknum KBIHU
  • Ketika Iklim Berubah, Anak-Anak Menjadi Kelompok yang Paling Rentan

TRIGGER.ID

Redaksi

Pedoman Media Siber

Privacy Policy

 

Copyright © 2026 ·Triger.id. All Right Reserved.